Senin, 09 Juli 2012

Model View Controller : Aplikasi akan jauh lebih mudah dirawat dan dikembangkan

Illustrasi cara kerja MVC


Halo kawan :-), entah kenapa hari ini kurang mood untuk beraktivitas. Sy coba isi kegalauan ini dengan posting sedikit gambaran tentang apa itu Model View Controller.

MVC??? apa itu? what the hell is that? mungkin teman-teman pernah dengar sebelumnya. Atau kalian bisa ketikan di google untuk info banyak bgt tentang MVC ini.

Model-View-Controller atau MVC adalah sebuah metode untuk membuat sebuah aplikasi dengan memisahkan data (Model) dari tampilan (View) dan cara bagaimana memprosesnya (Controller). Dalam implementasinya kebanyakan framework dalam aplikasi website adalah berbasis arsitektur MVC. MVC memisahkan pengembangan aplikasi berdasarkan komponen utama yang membangun sebuah aplikasi seperti manipulasi data, antarmuka pengguna, dan bagian yang menjadi kontrol dalam sebuah aplikasi web.

Berikut ini adalah sedikit tentang bagaimana MVC bekerja :

  • Model, Model mewakili struktur data. Biasanya model berisi fungsi-fungsi yang membantu seseorang dalam pengelolaan basis data seperti memasukkan data ke basis data, pembaruan data dan lain-lain.
  • View, View adalah bagian yang mengatur tampilan ke pengguna. Bisa di katakan berupa halaman web.
  • Controller, Controller merupakan bagian yang menjembatani model dan view. Controller berisi perintah-perintah yang berfungsi untuk memproses suatu data dan mengirimkannya ke halaman web.

Dengan menggunakan metode MVC maka aplikasi akan lebih mudah untuk dirawat dan dikembangkan. Untuk lebih memahami metode pengembangan aplikasi menggunakan MVC temen-temen juga perlu sedikit pengetahuan tentang dasar pemrograman berorientasi objek (Object Oriented Programming).

So bagi temen-temen yang sedang terjun dalam project membuat aplikasi yang agak besar, metode ini sangat cocok untuk digunakan. Karena MVC ini akan memisahkan logika pemrograman dengan tampilannya ke user, dijamin kodingan temen-temen bakal jadi rapi deh. Nah kalo rapi ya temen2 gampang bgt tuh buat merawat dan mengembangkannya dikemudian hari, Kereeen kan? :-)

Jika aplikasi tersebut adalah aplikasi web, temen-temen bisa pake framework web yang sudah menggunakan MVC dan itu gratis, yg setau saya salah satunya adalah Code Igniter (http://codeigniter.com/). Hehe mengenai Code Igniter sy juga baru belajar, yuk kita gali framework ini sedalam mungkin *emang emas digali hoho

Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/MVC



4 komentar:

  1. wkwkwk,galau aja nge-posting... gmana ga galaunya?? (bkin program yg terbang2)...
    keep posting jim =))

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha iya kak, galau kerja praktek nie..
      iya dungz keep posting biar ga kalah ma blogna kk angel.
      sukses KKNnya kk, oleh-oleh saya harapkan :)

      Hapus